Vacationing In A Library

“Books are the treasured wealth of the world, and the fit inheritance of generations and nations.”                         – Henry David Thoreau

mading2

Essay #2 I wrote for the school’s mading.

Dua minggu yang lalu, saya pergi ke Surabaya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada teman saya.  Saya merasa amat pedih karena inilah akhir pekan kami bersama.  Selama dua tahun kami mengajar bahasa Inggris di Jawa Timur, dan ketika saya datang ke kantor Peace Corps, dan melihat teman saya untuk terakhir kalinya, ada banyak kenangan-kenangan masuk pikiranku.  Bersama, kami melihat kura-kura besar di Sukamade.  Bersama, kami mendaki Gunung Rinjani.  Bersama, kami kenal dengan orang utan di Kalimantan.  Dan bersama, kami ke pantai yang cantik dan terkenal di Bali.  Indonesia adalah negeri kaya, dan saya mencintai Indonesia.

Sedangkan kami duduk di kantor kami bicara tentang liburan.  Sebelum teman saya pulang ke Amerika mereka bisa jalan-jalan satu kali lagi.  Ada yang ingin ke Kuala Lumpur, ke Thailand, ke Papua, dan lainya.  Satu per satu teman saya berbagi rencana liburan, dan sambil saya mendengar kepada mereka saya pikir, “Hmmm… saya mau ke mana ya?  Jika saya bisa pergi kemana pun di dunia saya pergi ke mana?”  Maka tiba-tiba, saya tahu.  Saya berani bilang teman saya, “Saya mau ke perpustakaan!”  Teman saya tertawa sampai berguling-guling, dan sungguhpun saya serious, saya juga tertawa.

Sejak saya kecil saya suka perpustakaan.  Saya masih ingat kali pertama masuk kedalamnya, itu saat saya masih di SD.  Setiap hari ada jam perpustakaan.  Biasanya kelas saya duduk berkeliling dengan guru.  Kami mendengar kisah-kisah inspiratif, tapi hari pertama bebas menjelajah perpustakaan.  Ada empat baris rak buku yang tinggi dan luas dan saya pergi ke salah-satunya.  Saya ambil satu buku tentang Biografi, duduk di lantai, dan selama jam itu saya membaca.  Saya lupa nama buku itu tetapi saya ingat perasaanku: saya lupa diri, sepertinya waktu berjalan sangat cepat, dan ketika dibungikan bel tanda jam sudah selesai saya merasa sangat refreshed.

Refreshing.  Ini alasan utama mengapa orang berlibur.  Dan saya merasakannya di perpustakaan.

Selama saya tumbuh menjadi dewasa, saya sering pergi ke Clark County Public Library, perpustakaan yang umum di desa saya.  Saya membaca buku-buku berjam-jam di sana, dan akhirnya, buku itu seperti teman yang terbaik.  Perpustakaan adalah tempat suci, dan pasti Tuhan senang melihat orang di sana yang ingin memperbaiki diri.

Jadi, untuk liburan yang akan datang, saya mau ke perpustakaan hebat di dunia.  Saya mau membaca buku yang dicetak beberapa tahun yang lalu, dan lupa dengan segalanya.  Liburan itu adalah liburan yang tak terlupakan!

mading p1mading p2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: